KEGIATAN PELATIHAN SISTEM MONITORING PERKULIAHAN DILINGKUNGAN UIVERSITAS JAMBI DI LABORATORIUM LPTIK UNIVERSITAS JAMBI

KEGIATAN PELATIHAN SISTEM MONITORING PERKULIAHAN DILINGKUNGAN UIVERSITAS JAMBI DI LABORATORIUM LPTIK UNIVERSITAS JAMBI
by

 

Dalam upaya menertibkan administrasi khusus bidang akademik pada Tahun 2014, LPTIK Universitas Jambi telah mengembangkan satu program aplikasi yang diberi nama Sistem Monitoring Perkuliahan yang disingkat dengan “SIMOKUL”.. Program aplikasi ini dapat memonitoring perkuliahan pada suatu Fakultas yang meliputi Mata kuliah, Tanggal dan jam kuliah,  ruang yang digunakan, nama dosen, materi yang disampakan/diajarkan, kehadiran mahasiswa, sehingga fakultas akan mudah melakukan rekapitulasi tentang hal tersebut.

Di akhir kegiatan Pelatihan diharapkan peserta memahami dan mampu mengoprasionalkan sistem yang sudah dibangun dan dapat memanfaatkan system ini untuk tertib adiministrasi perkuliahan, sehingga memudahkan Fakultas untuk melakukan monitoring terhadap ;

  1. Kehadiran/Frekuensi pelaksanaan perkuliahan per Mata kuliah di Fakultas/Prodi masing-masing, oleh dosen yang telah ditunjuk sebagai pengampu mata kuliah.
  2. Dosen pengampu mata kuliah dapat mengevaluasi frekuensi kuliah untuk setiap mata kuliah yang diampu, melalui siakad masing-masing.
  3. Dosen pengampu mata kuliah dapat dengan mudah mengetahui jadwal kuliah setiap mata kuliah yang menjadi tanggung jawabnya, baik dalam fakultas/propdi sendiri maupun fakultas / prodi lain, melalui siakad masing-masing dosen.
  4. Kehadiran mahasiswa dalama mengikuti perkuliahan, sehingga persentase kehadiran mahasiswa setiap mata kuliah yang diikuti akan terekap  dengan baik dan valid, yang dapat digunakan untuk menilai mahasiswa yang diperkenankan mengikuti ujian semester.
  5. Materi yang sudah disampaikan oleh setiap dosen pengampu per mata kuliah yang diampu baik dalam fakultas/propdi sendiri maupun fakultas / prodi lain, sehingga jika dibutuhkan pihak prodi dapat melakukan evaluasi terhadap kesesuaian antara Rencana Pembelajaran dengan Pelaksanaan.
  6. Pihak Fakultas dengan mudah dapat memonitoring pemakaian ruang kuliah, yang ada, sehingga penggunaan ruang kuliah dapat diefektifkan.

Kegiatan Pelatihan monitoring perkuliahan ini diikuti oleh Pejabat, dan operator Fakultas dilingkungan Universitas Jambi yang dinilai berkepentingan dengan materi Pelatihan.

FKIP - 07092016

Kegiatan pelatihan monitoring perkuliahan ini diikuti oleh Pejabat, dan operator fakultas dilingkungan Universitas Jambi yang dinilai berkepentingan dengan materi Pelatihan. Jumlah peserta pelatihan sistem monitoring perkuliahan di laboratorium LPTIK Universitas Jambi Tahun 2016 sebagai berikut :

jumlahpeserta

Kegiatan Pelatihan Sistem Monitoring Perkuliahan untuk tertib administrasi Fakultas / Prodi akan tetap dimonitor oleh LPTIK untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan selanjutnya, sehingga optimalisasi sistem yang dibangun bisa tercapai.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *