PRESENSI VIA ANDROID SMARTPHONE, ALTERNATIF UNTUK PRESENSI SELAIN DI KOMPUTER

by

Sistem Informasi Presensi merupakan suatu pendekatan strategis terhadap peningkatan kinerja suatu organisasi. Absensi pegawai dapat dicatat, diolah dan dipresentasikan di dalam suatu sistem absensi pegawai. Sistem presensi yang dilakukan secara manual memiliki berbagai keterbatasan dan kelemahan, salah satu diantaranya adalah masalah pemalsuan  daftar kehadiran. Jika semakin tinggi tingkat pemalsuan daftar kehadiran maka dapat dipastikan kinerja organisasi akan mengalami penurunan. Untuk itu sangat diperlukan sebuah sistem informasi presensi yang efektif yang tidak memisahkan antara manusia, sarana prasana dan sistem manajemen secara keseluruhan agar mencapai tujuan organisasi.

Berbagai masalah berkaitan dengan ke efisienan dalam absensi untuk tenaga pendidik salah satunya jika terjadinya mati lampu para tenaga pendidik akan beramai-ramai datang ke Lembaga Pengembangan Teknik Informasi dan Komunikasi LPTIK untuk absensi karena di fakultas atau unit lainnya belum adanya genset sehingga di LPTIK padat akan tenaga pendidik yang ingin absensi, dengan keterbatasan komputer di LPTIK berakibatkan para tenaga pendidik antri untuk absensi sehingga banyak tenaga pendidik yang telat absen karna lama mengantri.

Untuk mengatasi hal tersebut, LPTIK sudah menyediakan Mobile Presensi yang sudah bisa dimanfaatkan oleh para tenaga pendidik agar tidak lagi mengantri di LPTIK jika terjadi mati lampu atau masalah jaringan cukup dengan :

  1. Kunjungi titik hotspot yang yang dikhususkan untuk presensi di lingkungan unit kerja masing-masing.
  2. Gunakan Smartphone anda, sambungkan smarphone anda ke jaringan Internet Universitas Jambi
  3. Buka browser mozilla atau UC browser. (*Note : Smartphone yang berbasis iOS tidak mendukung mobile presensi).
  4. Kunjungi laman m.presensi.unja.ac.id
  5. Jika sudah terbuka laman mobile presensi klik “izinkan” untuk mengakses kamera
  6. Jika kamera sudah aktif, masukkan NIP/NIDN dan Password anda, lalu klik tombol Presensi

*Note : Dalam pemasukkan sandi dimohonkan dilihat lagi capslock pada keyboard

    

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *