LANGKAH PENGGUNAAN SOFTWARE TURNITIN UNTUK KEPERLUAN BORANG/EVALUASI DIRI DI UNIVERSITAS JAMBI

by

Bersama ini disampaikan langkah penggunaan Turnitin untuk kepentingan cek plagiasi borang dan evaluasi diri program studi di LPTIK Universitas Jambi.

  1. Silahkan Bapak/Ibu melapor ke helpdesk LPTIK bahwa prodi bapak/ibu memerlukan cek plagiasi dengan turnitin.
  2. Staf Helpdesk akan meminta nama depan, nama belakang dan email dari petugas prodi yang bapak/ibu percaya sebagai eksekutor cek plagiasi. Silahkan didaftarkan 1 atau 2 nama.
  3. Setelah selesai, bapak/ibu boleh tinggalkan LPTIK, tapi jangan lupa untuk memberikan nomor kontak kepada staf helpdesk.
  4. Selanjutnya petugas akan mendaftarkan nama prodi bapak/ibu pada turnitin dan melakukan settingan assignment. Ada 14 assignment yang disetting untuk cek file borang standar 1 sampai file borang standar 7, dan file evaluasi diri dari komponen A sampai G. Petugas juga akan mendaftar nama eksekutor pada settingan tersebut.
  5. Jika setingan sudah selesai, maka eksekutor plagiasi prodi akan mendapatkan akun turnitin pada emailnya. Silahkan login ke email masing-masing untuk mendapatkan akun tersebut.
  6. Eksekutor plagiasi login pada https://www.turnitin.com, dan selanjutnya menuju class nama prodi masing-masing.
  7. Silahkan buka masing masing assignment (misal borang standar 1), dan selanjutnya unggah file yang akan akan dicek similaritasnya. Tunggu beberapa menit, dan kalau tidak ada respon maka web Turnitin boleh ditutup dulu sambil cari kopi untuk diserumput (mesin cek plagiasi Turnitin tetap bekerja walaupun halamannya ditutup).
  8. Setelah proses cek selesai, maka pengguna dapat melihat similaritas file yang dicek. Informasi tentang persentasi similaritas beserta sumber kemiripannya juga ditampilkan.
  9. Silahkan bahagia jika warna similaritasnya HIJAU, dan jangan submit borang/evaluasi diri jika warna similaritasnya MERAH (BAHAYA).
  10. Eksekutor dapat mengunduh file yang sudah ditandai kemiripannya (dalam format pdf), dan selanjutnya silahkan merevisi file aslinya berdasarkan informasi kemiripan yang disampaikan Turnitin. Jika revisi sudah selesai, silahkan dicek lagi similaritasnya. Cek similaritas sebuah file dapat dilakukan secara berturut pada cek pertama dan kedua, sementara itu untuk cek yang ketiga harus menunggu 24 jam kemudian.
  11. Selamat berjuang, tetap semangat, jangan lupa untuk bahagia, dan semoga sukses.
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *