Infrastruktur



Infrastruktur Jaringan dan Internet di Universitas Jambi

Univeristas Jambi mempunyai banyak kampus. Kampus pusat berada di Mendalo Kabupaten Muara Jambi berada kilometer 15 Jalan Raya Jambi Muara Bulian. Selanjutnya adalah Kampus Telanai Pura, Kampus Unja Pasar (Raden Mataher), Kampus Buluran, Kampus Pondok Meja, Kampus Muara Bulian, Kampus Sabak dan Kampus Sarolangun.

Pada tahun 2016 hanya 3 kampus yang terkoneksi pada jaringan internet Universitas Jambi, akan tetapi pada awal tahun 2017 sebagian besar kampus sudah terhubung dalam network Unja, dan diharapkan dua kampus yang berada di Muara Sabak dan Sarolangun menyusul terhubung dikuartal pertama tahun 2017. Dengan terhubungnya semua kampus pada network Unja maka kegiatan administrasi dan koneksi internet dosen, mahasiswa dan pegawai akan terpenuhi.

Saat ini besar bandwidth dedicated untuk Universitas Jambi adalah 220 Mbps dengan rincian 140 Mbps internasional dan 80 Mbps nasional. Selain itu beberapa fakultas seperti KIP, Hukum dan Ekonomi Bisnis juga berlangganan wifi.id dengan bandwidth masing-masingnya up to 200 Mbps. Untuk memenuhi kebutuhan internet dosen dan mahasiswa yang lebih memadai, LPTIK sedang mempersiapkan pasokan bandwidth sebesar upto 2 Gbps.

Peruntukan bandwidth pada setiap kampus ditandai dengan besarnya bandwidth metronet ke setiap kampus, yaitu kampus Telanai 40 Mbps, Buluran 40 Mbps, Pasar 40 Mbps, Pondok Meja 30 Mbps, Muara Bulian 30 Mbps, Sabak 20 Mbps dan Sarolangun 20 Mbps.

Datacenter Universitas Jambi melayani utamanya melayani transaksi data pada SIAKAD. Server SIAKAD beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.