Bidang Kerja



STRUKTUR ORGANISASI LPTIK_1

Visi

Mewujudkan Universitas Jambi yang Berlayanan Digital dalam rangka mendukung Universitas Jambi sebagai Center of Excelence

Misi

  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur TI yang mencakup jaringan, komputer dan peralatan pendukung.
  2. Mengembangkan sistem informasi berbasiskan komputer untuk Universitas Jambi yang berlayanan digital
  3. Memberikan layanan pengembangan SDM buat mahasiswa, dosen dan pegawai di bidang TIK (pusat pelatihan TIK)
  4. Menjadi salah satu lembaga penghasil jasa dan produk untuk masyarakat.
  1. Tugas Pokok dan Fungsi

Ketua LPTIK

  1. Tugas

Memimpin, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi

  1. Fungsi
    • Penyusunan rencana, program dan anggaran Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
    • Pelaksanaan Pengembangan dan pengelolaan jaringan dan web site Universitas Jambi;
    • Pelaksanaan pengembangan sistem informasi dan pemrograman;
    • Pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan multimedia;
    • Pelaksanaan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi;
    • Koordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
    • Pelaksanaan fasilitasi penerapan sistem dan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
    • Pemantauan dan pengevaluasian pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
    • Pelaksanaan urusan administrasi lembaga;

Sekretaris

  1. Tugas

Membantu, mempersiapkan dan mewakili ketua LPTIK dalam melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi

  1. Fungsi
  • Membantu, mempersiapkan rencana program dan anggaran LPTIK;
  • Pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan jaringan dan web site Universitas Jambi;
  • Membantu pelaksanaan pengembangan sistem informasi dan pemrograman;
  • Membantu pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan multimedia;
  • Membantu pelaksanaan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
  • mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  • Membantu pelaksanaan fasilitasi penerapan sistem dan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
  • Memantau dan mengevaluasi proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
  • Melaksanakan berbagai kegiatan perbaikan proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  • Pelaksanaan urusan administrasi lembaga;
  • Sewaktu-waktu mewakili ketua dalam urusan kedinasan dan urusan keadministrasian LPTIK;
  • Menyusun dan mempersiapkan laporan LPTIK pada akhir tahun anggaran;

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Infrastruktur TIK

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi

.

  1. Fungsi
  • Menyusun rencana pengembangan Infratruktur Jaringan dan memonitor serta mengendalikan operasional infrastruktur jaringan di lingkungan Universitas Jambi;
  • Mengelola bandwidth, routing, firewall, menata dan merawat infrastruktur jaringan untuk jangka panjang (Fiber Optik, Server, Router);
  • Mengelola Network Operation Center Universitas Jambi;
  • Mengalokasikan IP Publik serta Private untuk jaringan di Universitas Jambi;
  • Merencanakan perubahan IP jangka panjang;
  • Melakukan mapping topologi jaringan secara lengkap, dan pengelolaan keamanan jaringan dan sistem informasi;
  • Mengkoordinir jaringan-jaringan lain yang ada di Fakultas dan unit-unit di lingkungan Universitas Jambi;
  • Menjamin adanya layanan data yang berkesinambungan (intranet dan internet);
  • Merencanakan pengembangan hardware dan penggunaan software license dan software open source sesuai kebutuhan Fakultas dan Unit di lingkungan Universitas Jambi;
  • Memberikan rekomendasi spesifikasi dan harga hardware yang diajukan seluruh unit di lingkungan Universitas Jambi;
  • Melakukan perawatan hardware dan software di lingkungan Universitas Jambi;

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem dan Keamanan Informasi

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan sistem informasii dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi

.

  1. Fungsi
  • Menyusun rencana pengembangan sistem informasi manajemen secara terpadu dan terintegrasi di lingkungan Universitas Jambi;
  • Menyusun rencana sistem perekaman dan pengamanan data dan informasi yang ada di lingkungan Universitas Jambi;
  • Melayani permintaan pembuatan aplikasi unit-unit dilingkungan Universitas Jambi maupun diluar Universitas Jambi;
  • Mengembangkan sistem pengamanan data dan sistem informasi yang dikembangkan;
  • Merancang dan mengembangkan modul-modul website di lingkungan Universitas Jambi;
  • Memonitor dan mengevaluasi pengembangan sistem informasi yang dikembangakan;
  • Memberikan bantuan teknis operasional sistem informasi manajemen kepada unit-unit yang membutuhkan;

Kepala Pusat Layanan Data dan Sistem Informasi

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Layanan data dan sistem informasi Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi.

  1. Fungsi
  • Menyusun standar operasional prosedur (SOP) pelayanan data dan sistem informasi;
  • Mengolah data base sumber daya di lingkungan Universitas Jambi;
  • Menghimpun dan membantu mengelola data dan informasi, backup data, pengarsipan serta dokumentasi data di lingkungan Universitas Jambi;
  • Update klasifikasi informasi/dokumen, dan menjaga keabsahan dan kevalidan data;
  • Menentukan (Mengatur) Informasi/dokumen dan Menyebarluaskan informasi;
  • Melayani permintaan data dan informasi/dokumen;
  • Menyiapkan informasi dan mensosialisasikan sistem yang dapat diakses oleh civitas akademika di lingkungan universitas jambi, dan pihak eksternal yang membutuhkan;
  • Mengelola Pangkalan data, C-panel, website, repository, blog, e-learning, e-journal, epsbed dan sistem lain serta pembagian subdomain www.unja.ac.id;
  • Mengelola keluhan pengguna jasa layanan,
  • Mengkoordinir dan mengendalikan langsung semua sistem informasi manajemen yang dikembangkan di unit-unit kerja menuju sistem informasi manajemen data terpadu, terintegrasi dan terpusat di lingkungan Universitas Jambi;

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kerjasama TIK

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi

  1. Fungsi
  • Menyusun rencana pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama dibidang teknologi informasi dan komunikasi;
  • Menyusun rencana pendidikan, pelatihan dan sertifikasi bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi sivitas akademika Universitas Jambi;
  • Melakukan pelatihan-pelatihan TIK bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar yang membutuhkan;
  • Melakukan ujian sertifikasi dalam bidang TIK bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar yang membutuhkan;
  • Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pihak lain dalam mengembangkan usaha di bidang TIK;
  • Memonitor pelaksanaan dan umpan balik pelatihan;

Kepala Pusat dan Pengembangan Multimedia

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan Multimedia di lingkungan Universitas Jambi.

.

  1. Fungsi
  • Mengembangkan pusat pengkajian dan Pengembangan multimedia di lingkungan Universitas Jambi;
  • Memproduksi media pembelajaran inovatif (cetak, video, multimedia) untuk meningkatkan mutu Pembelajaran.
  • Pendayagunaan aplikasi ICT, lab-virtual, audio visual untuk pembelajaran;
  • Mengkoordinir pengembangan laboratorium komputer sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi;
  • Melaksanakan kegiatan teleconference di lingkungan Universitas Jambi;

Kepala Pusat Informasi, Dokumentasi, Keluhahan dan Hubungan Masyarakat

  1. Tugas

Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Dokumentasi, keluhan dan Kehumasan di lingkungan Universitas Jambi

  1. Fungsi
    • Membina hubungan harmonis dengan publik (internal dan eksternal)
    • Berperan serta aktif dalam membangun citra positif lembaga
    • Membangun komunikasi yang sinergis antara lembaga dan publik (internal dan eksternal)
    • Mengidentifikasi dan menganalisis opini atau berbagai persoalan yang ada di dalam lembaga maupun yang berkembang di masyarakat
    • Mengendalikan dan membangun opini positif tentang lembaga
    • Mengelola dan mensosialisasikan informasi kepada publik (internal dan eksternal) dengan baik
    • Membangun institusi yang responsif terhadap dinamika masyarakat terkait dengan tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat)
    • Mengkoordinasikan peliputan kegiatan universitas
    • Menghimpun data/dokumen dari satuan kerja di lingkungan Universitas Brawijaya.
    • Mengelola informasi dan dokumen yang masuk.
    • Update klasifikasi informasi.
    • Mempersiapkan kegiatan publikasi dan dokumentasi.
    • Mengolah informasi kebijakan pimpinan
    • Mengelola reputasi universitas