Visi
Mewujudkan Universitas Jambi yang Berlayanan Digital dalam rangka mendukung Universitas Jambi sebagai Center of Excelence
Misi
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur TI yang mencakup jaringan, komputer dan peralatan pendukung.
- Mengembangkan sistem informasi berbasiskan komputer untuk Universitas Jambi yang berlayanan digital
- Memberikan layanan pengembangan SDM buat mahasiswa, dosen dan pegawai di bidang TIK (pusat pelatihan TIK)
- Menjadi salah satu lembaga penghasil jasa dan produk untuk masyarakat.
- Tugas Pokok dan Fungsi
Ketua LPTIK
- Tugas
Memimpin, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi
- Fungsi
- Penyusunan rencana, program dan anggaran Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi;
- Pelaksanaan Pengembangan dan pengelolaan jaringan dan web site Universitas Jambi;
- Pelaksanaan pengembangan sistem informasi dan pemrograman;
- Pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan multimedia;
- Pelaksanaan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi;
- Koordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
- Pelaksanaan fasilitasi penerapan sistem dan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
- Pemantauan dan pengevaluasian pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
- Pelaksanaan urusan administrasi lembaga;
Sekretaris
- Tugas
Membantu, mempersiapkan dan mewakili ketua LPTIK dalam melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi
- Fungsi
- Membantu, mempersiapkan rencana program dan anggaran LPTIK;
- Pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan jaringan dan web site Universitas Jambi;
- Membantu pelaksanaan pengembangan sistem informasi dan pemrograman;
- Membantu pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan multimedia;
- Membantu pelaksanaan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
- mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
- Membantu pelaksanaan fasilitasi penerapan sistem dan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
- Memantau dan mengevaluasi proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi;
- Melaksanakan berbagai kegiatan perbaikan proses pengembangan teknologi informasi dan komunikasi;
- Pelaksanaan urusan administrasi lembaga;
- Sewaktu-waktu mewakili ketua dalam urusan kedinasan dan urusan keadministrasian LPTIK;
- Menyusun dan mempersiapkan laporan LPTIK pada akhir tahun anggaran;
Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Infrastruktur TIK
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi
.
- Fungsi
- Menyusun rencana pengembangan Infratruktur Jaringan dan memonitor serta mengendalikan operasional infrastruktur jaringan di lingkungan Universitas Jambi;
- Mengelola bandwidth, routing, firewall, menata dan merawat infrastruktur jaringan untuk jangka panjang (Fiber Optik, Server, Router);
- Mengelola Network Operation Center Universitas Jambi;
- Mengalokasikan IP Publik serta Private untuk jaringan di Universitas Jambi;
- Merencanakan perubahan IP jangka panjang;
- Melakukan mapping topologi jaringan secara lengkap, dan pengelolaan keamanan jaringan dan sistem informasi;
- Mengkoordinir jaringan-jaringan lain yang ada di Fakultas dan unit-unit di lingkungan Universitas Jambi;
- Menjamin adanya layanan data yang berkesinambungan (intranet dan internet);
- Merencanakan pengembangan hardware dan penggunaan software license dan software open source sesuai kebutuhan Fakultas dan Unit di lingkungan Universitas Jambi;
- Memberikan rekomendasi spesifikasi dan harga hardware yang diajukan seluruh unit di lingkungan Universitas Jambi;
- Melakukan perawatan hardware dan software di lingkungan Universitas Jambi;
Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem dan Keamanan Informasi
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan sistem informasii dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi
.
- Fungsi
- Menyusun rencana pengembangan sistem informasi manajemen secara terpadu dan terintegrasi di lingkungan Universitas Jambi;
- Menyusun rencana sistem perekaman dan pengamanan data dan informasi yang ada di lingkungan Universitas Jambi;
- Melayani permintaan pembuatan aplikasi unit-unit dilingkungan Universitas Jambi maupun diluar Universitas Jambi;
- Mengembangkan sistem pengamanan data dan sistem informasi yang dikembangkan;
- Merancang dan mengembangkan modul-modul website di lingkungan Universitas Jambi;
- Memonitor dan mengevaluasi pengembangan sistem informasi yang dikembangakan;
- Memberikan bantuan teknis operasional sistem informasi manajemen kepada unit-unit yang membutuhkan;
Kepala Pusat Layanan Data dan Sistem Informasi
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Layanan data dan sistem informasi Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi.
- Fungsi
- Menyusun standar operasional prosedur (SOP) pelayanan data dan sistem informasi;
- Mengolah data base sumber daya di lingkungan Universitas Jambi;
- Menghimpun dan membantu mengelola data dan informasi, backup data, pengarsipan serta dokumentasi data di lingkungan Universitas Jambi;
- Update klasifikasi informasi/dokumen, dan menjaga keabsahan dan kevalidan data;
- Menentukan (Mengatur) Informasi/dokumen dan Menyebarluaskan informasi;
- Melayani permintaan data dan informasi/dokumen;
- Menyiapkan informasi dan mensosialisasikan sistem yang dapat diakses oleh civitas akademika di lingkungan universitas jambi, dan pihak eksternal yang membutuhkan;
- Mengelola Pangkalan data, C-panel, website, repository, blog, e-learning, e-journal, epsbed dan sistem lain serta pembagian subdomain www.unja.ac.id;
- Mengelola keluhan pengguna jasa layanan,
- Mengkoordinir dan mengendalikan langsung semua sistem informasi manajemen yang dikembangkan di unit-unit kerja menuju sistem informasi manajemen data terpadu, terintegrasi dan terpusat di lingkungan Universitas Jambi;
Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kerjasama TIK
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama Teknologi Informasi dan komunikasi di lingkungan Universitas Jambi
- Fungsi
- Menyusun rencana pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama dibidang teknologi informasi dan komunikasi;
- Menyusun rencana pendidikan, pelatihan dan sertifikasi bidang teknologi informasi dan komunikasi bagi sivitas akademika Universitas Jambi;
- Melakukan pelatihan-pelatihan TIK bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar yang membutuhkan;
- Melakukan ujian sertifikasi dalam bidang TIK bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan pihak luar yang membutuhkan;
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan pihak lain dalam mengembangkan usaha di bidang TIK;
- Memonitor pelaksanaan dan umpan balik pelatihan;
Kepala Pusat dan Pengembangan Multimedia
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Pengkajian dan pengembangan Multimedia di lingkungan Universitas Jambi.
.
- Fungsi
- Mengembangkan pusat pengkajian dan Pengembangan multimedia di lingkungan Universitas Jambi;
- Memproduksi media pembelajaran inovatif (cetak, video, multimedia) untuk meningkatkan mutu Pembelajaran.
- Pendayagunaan aplikasi ICT, lab-virtual, audio visual untuk pembelajaran;
- Mengkoordinir pengembangan laboratorium komputer sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi;
- Melaksanakan kegiatan teleconference di lingkungan Universitas Jambi;
Kepala Pusat Informasi, Dokumentasi, Keluhahan dan Hubungan Masyarakat
- Tugas
Membantu ketua LPTIK dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan Dokumentasi, keluhan dan Kehumasan di lingkungan Universitas Jambi
- Fungsi
- Membina hubungan harmonis dengan publik (internal dan eksternal)
- Berperan serta aktif dalam membangun citra positif lembaga
- Membangun komunikasi yang sinergis antara lembaga dan publik (internal dan eksternal)
- Mengidentifikasi dan menganalisis opini atau berbagai persoalan yang ada di dalam lembaga maupun yang berkembang di masyarakat
- Mengendalikan dan membangun opini positif tentang lembaga
- Mengelola dan mensosialisasikan informasi kepada publik (internal dan eksternal) dengan baik
- Membangun institusi yang responsif terhadap dinamika masyarakat terkait dengan tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat)
- Mengkoordinasikan peliputan kegiatan universitas
- Menghimpun data/dokumen dari satuan kerja di lingkungan Universitas.
- Mengelola informasi dan dokumen yang masuk.
- Update klasifikasi informasi.
- Mempersiapkan kegiatan publikasi dan dokumentasi.
- Mengolah informasi kebijakan pimpinan
- Mengelola reputasi universitas