BERLANGSUNGNYA PELATIHAN SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA TERINTEGRASI (SISTER) RISTEKDIKTI DI LPTIK

by

Mendalo-Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Jambi kembali mengadakan pelatihan bertajuk “panduan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) Ristekdikti”. Menurut Surat Edaran Kemenristekdikti Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi. Dan Pendidikan Tinggi Nomor 649/D1 Tanggal 23 Februari Tahun 2018, tentang SISTER (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi), Yang bertujuan Mengakomodasi Perguruan Tinggi, khususnya Dosen, dan Tendik untuk melengkapi secara langsung data dasar yang ada di PD-Dikti dalam bentuk portofolio yang terkait dengan aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan serta aktivitas lainnya. Selanjutnya portofolio tersebut dapat digunakan untuk berbagai bisnis proses pengembangan karir dosen dan tendik.

Pelatihan SISTER ini diadakan selama lima hari, dalam lima hari terdapat 2 sesi yaitu sesi pelatihan untuk tenaga pendidik yang akan dibentuk menjadi tim TIK berlangsung pada hari selasa(12/3) dan sesi pelatihan untuk dosen. Drs. JEFRI MARZAL, M.Sc., D.I.T. selaku salah satu narasumber dari pelatihan ini menegaskan bahwa aplikasi sister ini dimana wajib digunakan oleh dosen yang dimana nanti menjadi pangkalan data-data dosen yang dapat digunakan untuk naik pangkat, remonisasi, sertifikasi dosen dll.”maka kita dari itu LPTIK membuat inisiatif bahwa pekerjaan ini perlu dikawal, yaitu Tim TIK dari fakultas masing masing yang sifatnya membantu apabila mempunyai dosen yang mempunyai kesulitan dalam menggunakan SISTER ini” sambungnya.

 

Keuntungan dari aplikasi SISTER RISTEKDIKTI ini adalah servernya terletak di universitas masing masing yang dimana dulu servernya hanya di ristekdikti dan aplikasinya bisa diakses seluruh indonesia jika orng seluruh indonesia mengakses satu server tersebut, maka akan terjadi down karna banyak request pengguna. sekarang servernya ada di universitas masing masing dan terhubung ke server pusat yang ada di ristekdikti.”kami menghimbau di aplikasi SISTER ini semua dosen harus mengisi data, jika tidak maka akan berpengaruh terhadap sertifikasi dosen, simlitabmas dll” tutur jefri marzal.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *