LABORATORIUM KOMPUTER DI LEMBAGA PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (LPTIK) UNIVERSITAS JAMBI

by

Keberadaan lab komputer sangatlah penting pada perguruan tinggi pada abad digital. Yang dimaksud dengan lab komputer dalam hal ini adalah himpunan perangkat komputer yang berisikan berbagai aplikasi dan dikelola secara khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sivitas akademika. Perangkat komputer yang disediakan di lab sebaiknya mempunyai spesifkasi yang terkini dan terkoneksi satu sama lainnya melalui Local Area Network (LAN) yang dapat terhubung ke Internet. Sebuah lab komputer seyogyanya harus memiliki software yang berlisensi seperti sistem operasi, office, software multimedia, pengolah data, dan software lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen.  Agar lab komputer dapat melayani kebutuhan civitas akademika secara optimal maka lab harus dilengkapi dengan tata kelola yang baik.

Bentuk layanan lab komputer antara lain penyelengaraan perkuliahan yang berbantuan komputer (e-learning), pelatihan berbagai topik TIK, penyelenggaran test online, pembuatan multimedia pembelajaran, pemeriksaan plagiasi, dan keperluan praktikum berbasis komputer lainnya. Kegiatan ini tidak hanya berperan dalam meningkatkan kompetensi TIK sivitas, tetapi beberapa dari layanan ini sangat potensial menjadi income generating agar lab bisa bisa berdiri sendiri  dan meingkatkan kualitas layanannya

Saat ini Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) telah memiliki 3 (tiga) lab dengan total 80 PC yang  rinciannya adalah 28 PC di Lab Utama Mendalo (luas lab 10,2m x 6,9m), 26 PC di lab Vcon Mendalo (Luas lab 10,2m x 6,9m), dan 26 PC di lab Telanaipura (Luas lab 10,2m x 6,9m). Luas masing-masing lab lebih kurang 70 meter persegi. .Komputer pada setiap lab sudah tekoneksi melalui  LAN dengan back-up power berupa UPS dan genset serta CCTV. Software yang terinstalasi pada setiap lab adalah software genuine kerjasama dengan Microsoft. Kerjasama dengan beberapa pembuat software multimedia sedang dalam proses.

Program studi yang tidak mempunyai lab komputer di Universitas Jambi dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di lab komputer LPTIK untuk kepentingan praktikum, pelatihan atau keperluan berkaitan TIK lainnya (syarat dan ketentuan berlaku). Silahkan lihat tatacara peminjaman lab LPTIK pada link http://lptik.unja.ac.id/sop/. Oh iya satu lagi..kalau sekiranya fakultas atau prodi Bapak/Ibu memerlukan computer based test (CBT) atau computer assisted test (CAT) maka LPTIK sangat siap untuk memfasilitasinya baik secara software maupun hardware.

Terima kasih dan Salam dari LPTIK

Total Page Visits: 435 - Today Page Visits: 5
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *