UNTUK MEMAJUKAN UNJA DARI SEGI PEMBELAJARAN, LPTIK MENGADAKAN WORKSHOP PENGELOLAAN E-LEARNING UNTUK DOSEN

by

Mendalo – Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) menggelar pelatihan bertema “Pengelolaan Elearning Bagi Dosen Berkategori Digital Immigrant di Lingkungan Universitas Jambi”. Kegiatan pelatihan tersebut bertempat di Gedung LPTIK Lt. 1 Lab Video Confrence (V-Con) dan dihadiri oleh dosen-dosen senior dari berbagai fakultas sebagai peserta dan sebagai instrukturnya adalah Reni Aryani, S.Kom., M.S.I. Kegiatan ini berlangsung 4 hari (15-18 Juli 2019) dan terbagi dua sesi, sesi pertama pada 15-16 Juli 2019 dan sesi kedua pada 17-18 Juli 2019.

Pelatihan tersebut membahas tentang pembelajaran online (daring) yang akan diadakan di Universitas Jambi (UNJA), LPTIK sebagai pusat teknologi yang ada di UNJA menyediakan suatu aplikasi pembelajaran online yang disebut i-LMS UNJA (https://elearning.unja.ac.id/). Tujuanya diadakan pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi para dosen-dosen agar tau cara mengelola aplikasi i-LMS UNJA ini.

Ketua LPTIK, Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T. selaku pembuka acara menyampaikan bahwa “UNJA tidak relatif baru dalam memperkenalkan ttg pembelajaran berbasis elektronik (elearning) ini tapi faktanya sampai saat ini masih sedikit dosen-dosen UNJA untuk menggunakan pembelajaran online (elearning) ini, oleh karna itu untuk kegiatan workshop ini ditujukan kepada dosen senior dulu karena saya yakin yang bisa merubah kebijakan-kebijakan di fakultas masing-masing adalah dosen-dosen seniornya”.

“ITB sudah menerapkan elearning ini dengan cara 30% pertemuan sudah boleh menggunakan elearning, dan juga UNNES sudah hampir 50% pertemuan boleh menggunakan elearning. Harapan kami dalam pelatihan ini adalah hal-hal pokok yang terdapat dipelatihan ini tersampaikan dan selanjutnya bapak dan ibu bisa eksplor sendiri”, tutup Ketua LPTIK.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *