INFRASTRUKTUR JARINGAN DAN INTERNET UNJA


Univeristas Jambi mempunyai banyak kampus. Kampus pusat berada di Mendalo Kabupaten Muara Jambi berada kilometer 15 Jalan Raya Jambi Muara Bulian. Selanjutnya adalah Kampus Telanai Pura, Kampus Unja Pasar (Raden Mataher), Kampus Buluran, Kampus Pondok Meja, Kampus Muara Bulian, Kampus Sabak dan Kampus Sarolangun.

Pada tahun 2016 hanya 3 kampus yang terkoneksi pada jaringan internet Universitas Jambi, akan tetapi pada awal tahun 2017 sebagian besar kampus sudah terhubung dalam network Unja, dan diharapkan dua kampus yang berada di Muara Sabak dan Sarolangun menyusul terhubung dikuartal pertama tahun 2017. Dengan terhubungnya semua kampus pada network Unja maka kegiatan administrasi dan koneksi internet dosen, mahasiswa dan pegawai akan terpenuhi.

Tahun 2019 ini besar bandwidth dedicated untuk Universitas Jambi adalah 550 Mbps yang rincian 350 Mbps internasional dan 200 Mbps nasional. Selain itu beberapa fakultas seperti KIP, Hukum dan Ekonomi Bisnis juga berlangganan wifi.id dengan bandwidth masing-masingnya up to 200 Mbps. Untuk memenuhi kebutuhan internet dosen dan mahasiswa yang lebih memadai, LPTIK sudah memiliki pasokan bandwidth untuk dimanfaatkan dosen dan mahasiswa sebesar upto 2 Gbps yang tersebar di 130 access point (AP).

Pada tahun 2020 ini besar dedicated untuk Universitas Jambi adalah 900 Mbps dengan rincian 700 Mbps internasional dan 200 Mbps nasional. Selain itu, untuk keperluan internet mahasiswa dan dosen tersedia 215 Access Point (AP) yang tersebar di seluruh kampus Universitas Jambi. Kecepatan untuk setiap Access Point adalah up to 30 Mbps di kampus mendalo dan 20 Mbps di luar kampus mendalo.

Untuk menunjang perkuliahan dan praktikum yang berkenaan dengan komputer sebagai alat bantu maka terdapat 550 PC (Personal Computer) yang tersebar pada semua lab komputer di Universitas Jambi

Datacenter Universitas Jambi melayani utamanya melayani transaksi data pada SIAKAD. Server SIAKAD beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Dan untuk akses internet public setiap fakultas, LPTIK dan unit menyediakan selasar dan internet corner.

Total Page Visits: 659 - Today Page Visits: 6