LAPORAN KEMAJUAN LPTIK UNIVERSITAS JAMBI 2017-2020


Visi Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) adalah membantu mewujudkan Universitas Jambi menjadi a world class entrepreneurship university, dan mempunyai misi memfasiltasi layanan yang berbasis DIGITAL bagi sivitas akademika. Beberapa program utama telah dilaksanakan yang meliputi pengembangan infrastruktur jaringan dan internet, aplikasi, layanan data, kehumasan, multimedia, dan peningkatan kualitas SDM dibidang TIK.

 

Pada layanan infrastruktur dan internet, saat ini Unja telah melanggan 900 Mbps dedicated bandwidth dan wifi managed service sebanyak 215 Access Point (AP). Sementara itu datacenter ditempatkan pada Telkomsigma dengan standar tier 3. Untuk keperluan praktikum dan UTBK maka diakhir tahun 2019 telah tersedia 580 PC yang terdistribusi pada hampir semua fakultas dan perpustakaan. Berikut data bandwidth, access point, dan personal computer dari tahun ke tahun.

 

No. Komponen Tahun
2016 2017 2018 2019 2020
1. Dedicated bandwidth (Mbps) 110 220 500 550 900
2. Access point (AP) 40 40 100 130 215
3 Personal Computer (PC) 180 320 420 580 580
4. Lab komputer pakai LAN (unit) 2 6 9 15 16

 

 

Untuk membuat berbagai proses bisnis di Unja  menjadi cepat, teratur dan efektif  maka telah dikembangan berbagai aplikasi baik yang berbasis web atau android yang meliputi kategori aplikasi akademik, tugas akhir, kepegawaian, penelitian dan pengabdian, kemahasiswaan, keuangan, publikasi, e-learning, dan administrasi. Total aplikasi yang sudah berjalan dengan baik maupun siap untuk digunakan  mencapai 45 aplikasi. Kesemua aplikasi  berbasis web dapat ditemukan portal https://gerbang.unja.ac.id, dan sekarang dalam proses agar dapat diakses secara  single sign on.  Pada akhir tahun 2020 ini beberapa aplikasi baru juga akan diluncurkan yaitu aplikasi Remote Electronic Voting System, Sistem Karier, dan Helpdesk online. Keseluruhan aplikasi yang berada dalam maintenance LPTIK adalah:

 

No. Nama Aplikasi Tahun Pembuatan
2016 2017 2018 2019 2020
1. Presensi online  https://presensi.unja.ac.id x
2. Sistem informasi Perpustakaan https://library.unja.ac.id
3. Open Journal System https://online-journal.unja.ac.id x x
4. LMS Unja https://elearning.unja.ac.id x x
5. e-payment https://epm.unja.ac.id x x
6. Website resmi baru Unja www.unja.ac.id x
7. Sistem informasi Akademik Baru https://siakad.unja.ac.id x x x x
8. Repository karya ilmiah https://repository.unja.ac.id x
9 Sistem informasi kemahasiswaan https://simawa.unja.ac.id x
10 Sistem informasi pelacakan lululusan

https://jejakalumni.unja.ac.id

x x
11 SMS Broadcast System https://sms.unja.ac.id x
12 Monitoring serapan anggaran https://simonev.unja.ac.id x
13 Open conference system https://ocs.unja.ac.id x
14 SIM LPPM Baru https://simlppm.unja.ac.id x
15 Sistem informasi persuratan https://surat.unja.ac.id x
16 Sistem informasi humas https://humas.unja.ac.id x
17 Sistem informasi tugas akhir https://elista.unja.ac.id x
18 Sistem sumber daya terpadu https://sister.unja.ac.id x
19 Sistem informasi kepegawaian https://simpeg.unja.ac.id x
20 Sistem informasi keluhan  https://qluh.unja.ac.id x
21 Sistem informasi pelatihan https://pelatihan.unja.ac.id x
22 Aplikasi survey online https://angket.unja.ac.id x
23 Pendukung pengambilan keputusan https://dss.unja.ac.id x
24 Sistem manajemen kerjasama https://kerjasama.unja.ac.id x
25 Elearning terbuka https://lms.unja.ac.id x
26 Sistem ruang baca https://ruangbaca.unja.ac.id x
27 Perancangan anggran https://sirangga.keu.unja.ac.id x
28 Resepsionis keuangan https://receptionkeu.unja.ac.id x
29 Perjalanan dinas https://spd.keu.unja.ac.id x
30 Aplikasi klik unja (android) x
31 Aplikasi manajemen perencanaan https://sampe.unja.ac.id x
32 Sistem pengelolaan aset https://sipaset.unja.ac.id x
33 Aplikasi borang https://borang.unja.ac.id x
34 Maps Universitas Jambi https://maps.unja.ac.id x
35 Panorama Unja https://panorama.unja.ac.id x
36 Sistem resigistrasi mahasiswa baru https://regis.unja.ac.id x
37 Sistem BKD/Remunerasi https://remunerasi.unja.ac.id x
38 Legal drafting. https://legaldraft.unja.ac.id x
39 Pengelolaan labor  https://silabor.unja.ac.id x
40 Penerimaan mahasiwa baru https://pmb.unja.ac.id x
41 Language center https://lc.unja.ac.id x
42 Kinerja pegawai  https://kinerja.unja.ac.id x
43 Gerbang aplikasi Unja. https://gerbang.unja.ac.id x
44 Aplikasi CIRCLE untuk tracer study basis Android x
45 Computer Based Test (CBT) system untuk JUELT x
46 Presensi online mahasiswa x
47 Pengeloaan magang kukerta PPL https://edimas.unja.ac.id x
48 Remote electronic voting system x
49 Aplikasi karier x
50 Helpdesk online x
51 Apliksai penyimpan media karaya dosen/mhs Edutube x
52 Agenda pejabat x

 

Usaha lain yang berdampak signifikan pada pembenahan institusi adalah pelaporan data akademik mahasiswa secara tepat waktu pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Selain data pengajaran dosen sudah terlaporkan dengan baik, semenjak satu tahun terakhir data pembimbingan tugas akhir dosen terhadap mahasiswa juga sudah terlaporkan ke PDPT. Dosen dapat melihat buktinya melalui Aplikasi SISTER masing-masing.

 

LPTIK juga menaruh perhatian yang tinggi terhadap promosi Universitas Jambi melalui berbagai media. Belakangan pusat multimedia telah meluncurkan banyak video profil Universitas Jambi dengan berbagai durasi dan bahasa. Begitu juga dengan Humas telah konsisten menyajikan informasi Universitas Jambi melalui portal www.unja.ac.id,  klik unja, dan berbagai platform media sosial seperti youtube, tweeter, instagram, dan facebook. Standar mutu penerbitan berita pada website adalah 5 artikel/berita perminggu. Keseluruhan video dan podcast dapat diakses pada https://www.youtube.com/channel/UCEGKEbgFjvyev1tYC364_ZA/videos

 

No. Produk Tahun
2017 2018 2019 2020
1. Video Profil Unja 10 menit dalam bahasa Indonesia x
2. Video profil unja 5 menit x
3. Video profil unja 3 menit x
4. Video profil unja 1 menit x
5. Video profil unja 10 menit in english x
6. Padcast x
7. Video profil unit kerja x x
8. Website unit kerja x x x

 

Belum diketahui dengan pasti apakah upaya-upaya mewujudkan Unja yang berlayanan digital ini telah berdampak terhadap peningkatan citra Universitas Jambi dikalangan sivitas akademika dan stake holder. Perlu dilakukan survei yang menyeluruh untuk memotret bagaimana tingkat kepuasan (user satisfaction) dan tingkat penerimaan pengguna (user acceptance) dengan berbagai inovasi dan layanan TIK yang telah dilakukan. Walapun begitu, terdapat sebuah studi (2019) yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap SIAKAD Unja yang mencapai angka 85% (sangat baik), web Unja juga  pernah dapat penghargaan dengan peringkat harapan 2 terbaik diantara website universitas BLU. Begitu juga dalam beberapa kali kesempatan Rektor Universitas Jambi Prof. Johni Najwan menyampaikan bahwa pengelolaan sistem informasi akademik Unja diapresiasi oleh kemenristek Dikti sebagai  pengelola PDPT  yang berkategori terbaik di Indonesia.

 

Beberapa capaian Unja dengan kontribusi LPTIK adalah

No. Capaian Tahun Keterangan
1 Unggah nilai dosen tepat waktu pada SIAKAD mencapai 100% 2017 Pemberlakuan pemberian nilai A untuk mahasiswa bagi dosen yang terlambat unggah nilai
2 Transkrip nilai diberikan secara langsung kepada wisudawan pada acara wisuda 2018 Sudah berjalan dengan baik semenjak tahun 2018 sampai sekarang
3. Sebagai harapan 2 untuk kategori website PTN BLU terbaik di Indonesia 2018
4. Unja sebagai peringkat 30 pada pemeringkatan webmetrices dan 4ICU 2018
5. Pengelola pelaporan PDPT terbaik di Kemenristekdikti kategori PTN BLU 2018 Informasi disampaikan oleh Rektor periode sebelumnya
6. Inisiator Helpdesk di Unja 2018 Inspirasi dari UMRAH
7. Inisiator pendirian pojok internet di kampus Unja 2018 Saat ini hampir semua fakultas punya pojok internet
8. Punya cyber park yang nyaman 2018
9. BKD online 2020
10. Menyatukan basisdata di Unja 2020 Basisdata sebelumnya tersebar pada beberapa aplikasi, sehingga menyulitkan pemutakhiran data

 

 

Fokus pekerjaan LPTIK kedepan adalah memelihara seluruh sistem informasi yang sudah ada, menambah aplikasi baru sesuai visi Universitas Jambi, menerapkan single sign on untuk semua aplikasi berbasis web, migrasi layanan berbasi web menjadi berbasis Android/IOS, menuntaskan program zero blank spot, instalasi Fiber Optick pada gedung-gedung baru, memperkuat citra universitas melalui multimedia dan kehumasan, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mendatangkan income bagi BLU Unja. Semoga semua terlaksana dengan sukses.

 

Jambi, 26 Juni 2020

Jefri Marzal, LPTIK Universitas Jambi

Total Page Visits: 2119 - Today Page Visits: 2