LPTIK SUKSES MENCIPTAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI LABORATORIUM (SILABOR)

by

Mendalo – Dari tahun 2018 Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT LDT) ingin membuat suatu aplikasi untuk memudahkan dalam pengelolaan laboratorium dan pada tahun 2022 telah terealisasikan dengan kerjasama bersama Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) terciptanya aplikasi bernama Sistem Informasi Laboratorium (SILABOR). Kamis(14/4), LPTIK mengadangan pelatihan bertema “Pengenalan dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Laboratorium (SILABOR)”. Pelatihan ini diadakan secara daring via Zoom Meeting dan dihadiri oleh Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T. selaku ketua LPTIK dan memberikan kata sambutan, Ir. Saitul Fakhri, M.Sc., Ph.D. sebagai ketua UPT LDT, Rizqa Raaiqa Bintana, S.T, M.Kom dan Norman Syarif, S.Kom sebagai instruktur, dan juga dihadiri oleh Dekan, Operator Laboratorium dan Mahasiswa.

Aplikasi SILABOR ini adalah aplikasi berbasis web yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan untuk seluruh civitas Universitas Jambi (UNJA) salah satunya adalah dalam pengelolaan laboratorium berbasis TIK, Aplikasi ini sekarang sudah di aplikasikan berdasarkan permintaan ketua UPT LDT, dan Aplikasi SILABOR ini mempunyai banyak fitur salah satunya ialah mencatat semua kegiatan lab, mencatat barang barang yang ada di lab, mencatat segala penelitian, mencatat keuangan agar transparansi, dan Bebas Lab jadi mahasiswa tidak perlu datang ke UPT LDT untuk mengambil surat bebas lab, cukup akses di aplikasi SILABOR saja.

Dalam Sambutannya Drs. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T. menyampaikan bahwa “Aplikasi SILABOR ini akan sangat bermanfaat kedepannya bagi civitas unja khususnya UPT LDT, jadi dengan adanya SILABOR ini maka pengelolaan lab akan lebih mudah dan UPT LDT tidak terlalu sibuk dalam pencatatan, sehingga UPT LDT bisa lebih fokus ke dalam membenahi lab yang lebih terakreditasi. dan juga dengan adanya SILABOR ini akan membantu para prodi prodi untuk mendapatkan akreditasi ISO atau Internasional.”

“Dan tak lupa juga saya berterima kasih kepada Tim UPT LDT, tim analis data dari LPTIK dan para programmer LPTIK sehingga terciptanya aplikasi SILABOR ini yang akan sangat membantu dalam visi misi unja smart kedepannya.” Tutup Jefri.

Total Page Visits: 1080 - Today Page Visits: 1
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *